Contoh Foto Close Up Untuk Berbagai Keperluan Formal

Salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk melamar pekerjaan adalah melampirkan foto. Hal ini bertujuan agar HRD mengetahui wajah pelamar kerja secara jelas.

Lantas, bagaimana contoh foto close up untuk melamar kerja yang tepat?

Banyak calon pelamar kerja, terutama freshgraduate yang belum begitu memahami bagaimana membuat foto close up yang menarik di mata HRD agar lamaran kerja diterima.

Nah, artikel berikut ini akan mengulas secara lengkap contoh foto gaya close up yang direkomendasikan untuk melamar kerja, casting, dan lain lain.

Contoh Foto Close Up untuk Melamar Kerja

Foto merupakan hal yang sangat penting dalam berkas lamaran kerja karena akan memudahkan pihak HRD untuk mengenali pelamar dan membedakannya dengan kandidat lainnya.

Foto juga menjadi salah satu cara bagi pelamar untuk meninggalkan kesan pertama yang baik pada perusahaan.

Biasanya dalam berkas lamaran kerja, calon pelamar akan melampirkan foto close up dengan background warna tertentu.

Misalnya saja warna biru untuk tahun kelahiran dengan angka genap atau warna merah untuk tahun kelahiran dengan angka ganjil.

Meski begitu, tidak menutup kemungkinan sebuah foto close up untuk keperluan melamar kerja justru diharuskan hitam putih atau dengan latar belakang bebas.

Tentunya semua kembali kepada kebijakan masing-masing peusahaan sebagai pihak yang membuka lowongan pekerjaan.

Berikut ini adalah beberapa contoh foto close up profesional yang bisa digunakan untuk keperluan melamar kerja:

Contoh Foto Close Up

1. Medium Close Up Berwarna Setengah Badan

Salah satu jenis foto close up yang banyak direkomendasikan untuk melamar kerja adalah medium close up.

Close Up

Yaitu sebuah teknik pengambilan gambar atau foto yang dilakukan dari atas rambut di ujung kepala hingga ke ulu hati atau sering disebut foto setengah badan.

Jenis foto ini merupakan salah satu yang paling banyak digunakan untuk melamar kerja dan menjadi standar formal dalam berkas lamaran kerja.

2. Foto Close Up Ukuran 4R dan Full Body

Contoh Foto 4R Wanita Full Body

Contoh foto close up lainnya yang sering diminta oleh pihak perusahaan adalah foto close up 4R dan full body.

Contoh Foto 4R Pria Laki laki Full Body

Biasanya jenis foto ini banyak digunakan untuk melamar pekerjaan tertentu seperti presenter atau talent lainnya yang membutuhkan tingkat kepercayaan diri yang tinggi.

Ukuran Foto yang Direkomendasikan untuk Melamar Kerja

Pada dasarnya ada beberapa jenis ukuran foto yang direkomendasikan untuk keperluan melamar pekerjaan. Oleh karena itu calon pelamar kerja harus mengetahuinya sebelum melampirkan foto ke dalam berkas lamaran kerja. Adapun ukuran foto yang dimaksud adalah:

1. Foto Close Up ukuran 4×6

Biasanya ukuran foto close up yang paling direkomendasikan untuk keperluan melamar kerja adalah 4×6. Dalam berkas lamaran, jumlah foto yang dilampirkan adalah 2 atau 3 lembar dan dicetak menggunakan kertas foto sesuai standar.

2. Foto Full Body

Selain ukuran foto close up 4×6, tidak jarang perusahaan juga meminta calon pelamar untuk melampirkan foto full body pada berkas lamaran. Foto full body bisa menampilkan calon pelamar dari beberapa sisi, yaitu dari depan, samping dan full body secara keseluruhan.

Tips Membuat Foto Close Up Profesional

Calon pelamar kerja harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan sesi pemotretan foto close up untuk melamar kerja. Adapun tips dalam membuat foto close up profesional adalah seperti berikut:

  1. Sebaiknya gunakan pakaian yang rapi dan formal, memiliki warna natural dan motif yang tidak terlalu mencolok.
  2. Gunakan latar belakang atau background dengan warna netral atau sesuai tahun kelahiran.
  3. Berposes secara natural dan berikan sedikit senyuman.
  4. Posisikan bahu dan badan secara tegap.
  5. Gunakan make up secukupnya dan tanpa aksesoris yang berlebihan.

Lihat juga Cara Unreg atau Menonaktifkan Paket Bundling 2GB Indosat

Contoh foto close up di atas bisa menjadi referensi bagi calon pelamar kerja yang ingin mengajukan berkas lamaran di suatu perusahaan. Pastikan pakaian yang digunakan rapi dan formal, serta posisikan badan dengan tegap agar foto close up yang dihasikan terlihat menarik.

/* */