Excel Tidak Bisa Di Save

Microsoft Excel menjadi salah satu aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan saat ini.

Banyaknya jumlah pengguna Excel, dikarenakan aplikasi tersebut dinilai memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan berbagai macam aplikasi pengolah angka yang lain.

Namun sama seperti aplikasi lainnya, terkadang aplikasi ini juga memiliki masalah seperti Excel tidak bisa di save.

Tentunya masalah ini akan terasa sangat merugikan bukan?

Bayangkan saja, ketika Anda sudah selesai dengan pekerjaan yang dilakukan, namun file dari pekerjaan tersebut tidak bisa disimpan.

Nah, apabila Anda memiliki masalah tidak bisa save atau menyimpan file pekerjaan Excel, maka tidak usah bingung.

Dalam artikel ini, Saya akan memberitahu Anda penyelesaian untuk Excel yang tidak bisa disimpan.

Cara Memperbaiki Excel Tidak Bisa Di Save

Bisa dikatakan ada banyak masalah yang bisa terjadi pada penggunaan Microsoft Excel.

Namun, salah satu masalah yang sering terjadi adalah file tidak dapat disimpan.

Masalah tersebut bisa dikarenakan oleh banyak hal.

Mulai dari kerusakan pada aplikasi, tidak adanya hak akses admin, hingga perubahan format bahasa.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa mencoba beberapa metode yang ada di bawah ini.

  1. Save Pada Drive yang Lain

Pada umumnya, ketika Anda hendak menyimpan pekerjaan Excel, pilihan Drive yang akan digunakan adalah Drive C atau Drive yang utama.

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa penyimpanan file di Drive C ini membutuhkan akses administrator.

Untuk itu, Anda bisa mencoba untuk menyimpan file tersebut di Drive lain dengan cara berikut.

ganti folder excel
  1. Pertama, klik menu File pada Excel dan pilih opsi Save As.
  2. Pada halaman yang muncul, klik tombol Browse.
  3. Setelah itu, pilih Disk D ataupun Disk E (yang terpenting bukan Drive C atau Drive utama).
  4. Lanjut dengan menentukan folder tempat menyimpan file tersebut.
  5. Jika sudah, beri nama file dan klik Save.

Corel draw Anda juga tidak bisa save? Baca Cara Mengatasi Corel Draw X7 Tidak Bisa Save

  1. Mengubah Format Bahasa

Jika ada perubahan format bahasa pada Microsoft Excel yang Anda gunakan, bisa saja menyebabkan pekerjaan di Excel yang dilakukan tidak bisa disimpan.

Hal ini dapat terjadi dalam pengubahan format tersebut, baik itu secara disengaja maupun tidak disengaja.

Oleh sebab itu, Saya sarankan untuk mengembalikannya ke pengaturan default dengan cara sebagai berikut ini.

ganti bahasa excel
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka Microsoft Excel yang ada di PC atau laptop Anda.
  2. Setelah itu, buka menu file dan pilihlah opsi options yang berada di bagian paling bawah.
  3. Pada halaman options, pilihlah tab Language yang ada di sebelah kiri.
  4. Kemudian perhatikan di bagian Choose Editing Language. Silahkan Anda ubah bahasa English (U.S) menjadi default
  5. Selain itu, Anda juga bisa menekan tombol set as default yang terletak di bagian kanan.
  6. Jika sudah, klik pada tombol OK di bawahnya.

Baca juga Cara Menghilangkan Garis Di Excel

  1. Repair Microsoft Office

Jika beberapa cara yang sebelumnya sudah Saya berikan tidak juga berhasil, maka kemungkinan saja ada masalah pada aplikasi Microsoft Office yang Anda gunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mencoba untuk repair atau memperbaiki aplikasi tersebut dengan menggunakan fitur bawaannya.

Nah, berikut langkah-langkah yang perlu untuk Anda lakukan.

  1. Langkah pertama, bukalah aplikasi Control Panel yang ada di laptop atau PC Anda.
  2. Setelah Control Panel sudah terbuka, Anda dapat memilih menu yang bernama Programs and Features.
  3. Nah, pada bagian ini Anda akan melihat semua aplikasi dan software yang diinstal di laptop atau PC. Lanjut dengan mencari aplikasi Microsoft Excel.
  4. Jika sudah ketemu, klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih opsi Change.
  5. Lalu klik di bagian menu Repair dan tekan tombol OK.
  6. Tunggu sampai proses reairing Microsoft Office ini benar-benar selesai.
  7. Jika sudah selesai, Anda bisa membuka Excel dan coba simpan lagi file tersebut.
  1. Mengubah Permission Drive

Dapat dikatakan bahwa masalah Microsoft Excel tidak bisa di save yang satu ini sama seperti masalah yang sudah dijelaskan sebelumnya, yakni mengenai izin atau akses dari administrator.

Nah, jika Anda tetap ingin menyimpan file Excel tersebut di Drive C atau Drive utama, tidak usah khawatir.

Saya akan memberitahu Anda mengenai pemberian akses penyimpanan file Excel di semua Drive.

  1. Pertama buka File Explorer di PC atau laptop Anda, dan klik kanan pada Drive C.
  2. Setelah muncul beberapa opsi, Anda bisa memilih opsi Properties yang terletak di bagian paling bawah.
  3. Pada jendela Properties, klik pada tab Security dan tekan tombol Edit dengan ikon perisai.
  4. Jika jumlah user lebih dari satu, maka pilihlah user yang sedang Anda pakai.
  5. Lanjut dengan bagian full control, silahkan centang ikon allow.
  6. Terakhir klik tombol Apply dan OK untuk menyimpan perubahan yang telah Anda lakukan.
  7. Jika sudah, maka Anda bisa kembali membuka aplikasi Microsoft Excel dan cobalah untuk menyimpannya di Drive C atau Drive utama.

Ketika Anda sudah mengetahui beberapa cara untuk mengatasi masalah berupa Excel tidak bisa di save di atas, maka Anda sudah tidak perlu bingung ketika menemui masalah ini.

Hal yang perlu Anda ingat, yakni melakukan setiap langkah-langkah yang telah Saya berikan dengan hati-hati dan benar. Karena jika ada kesalahan, bisa saja menimbulkan masalah yang lainnya.